Ayo Bangkit Indonesiaku

loading...

Download RPP Kimia Kurikulum 2013 Materi Sifat Koligatif Larutan

loading...
Pada materi Sifat Koligatif Larutan ini, berikut kompetensi dasar, indikator, dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai setelah proses pembelajaran selesai.


I. KOMPETENSI DASAR

1.1. Menyadari adanya keteraturan dalam sifat koligatif larutan, reaksi redoks, keragaman sifat unsur, senyawa makromolekul sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.

1.2. Mensyukuri kelimpahan unsur golongan utama dan golongan transisi di alam Indonesia sebagai bahan tambang merupakan anugerah Tuhan YME yang digunakan untuk kemakmuran rakyat Indonesia.

2.1. Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.

2.2. Menunjukkanperilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.

2.3. Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan.

3.1. Menganalisis penyebab adanya fenomena sifat koligatif larutan pada penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih, penurunan titik beku dan tekanan osmosis.

3.2. Membedakan sifat koligatif larutan elektrolit dan larutan nonelektrolit.

4.1. Menyajikan hasil analisis berdasarkan data percobaan terkait penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih, penurunan titik beku, dan tekanan osmosis larutan.

4.2. Mengolah dan menganalisis data percobaan untuk membandingkan sifat koligatif larutan elektrolit dengan sifat koligatif larutan nonelektrolit yang konsentrasinya sama.

II. INDIKATOR

1. Mensyukuri kebesaran Tuhan YME tentang adanya keteraturan dalam sifat koligatif larutan
2. Menunjukkan rasa ingin tahu tentang perbedaan sifat koligatif larutan elektrolit dan larutan nonelektrolit
3. Menunjukkan sikap teliti dalam mengamati data hasil pengamatan
4. Menunjukkan perilaku kerjasama saat melakukan percobaan.
5. Menjelaskan perbedaan kenaikan titik didih larutan elektrolit dan nonelektrolit pada konsentrasi yang sama
6. Menjelaskan perbedaan penurunan titik beku larutan elektrolit dan nonelektrolit pada konsentrasi yang sama
7. Menentukan jumlah ion (n) larutan elektrolit
8. Menjelaskan hubungan faktor Van’t Hoff dengan jumlah ion (n)
9. Menjelaskan hubungan faktor Van’t Hoff dengan derajat disosiasi (α)
10. Menentukan harga i (faktor van’t hoff)
11. Menjelaskan hubungan antara faktor Van’ Hoff dengan sifat koligatif larutan elektrolit
12. Mengidentifikasi perbedaan kenaikan titik didih (ΔTb) dan penurunan titik beku (ΔTf) larutan.
13. Menghubungkan harga i larutan elektrolit kuat dengan penurunan tekanan uap (∆P)
14. Menghubungkan harga i larutan elektrolit kuat dengan kenaikan titik didih (∆Tb)
15. Menghubungkan harga i larutan elektrolit kuat dengan penurunan titik beku (∆Tf)
16. Menghubungkan harga i larutan elektrolit kuat dengan tekanan osmosis (π)
17. Menghitung sifat koligatif (penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih, penurunan titik beku dan tekanan osmosis) larutan elektrolit dan nonelektrolit pada konsentrasi sama.
18. Menyimpulkan perbedaan sifat koligatif larutan elektrolit dan nonelektrolit.

III. TUJUAN PEMBELAJARAN


Setelah mempelajari materi ini , peserta didik diharapkan mampu :
1. Siswa dapat Mensyukuri kebesaran Tuhan YME tentang adanya keteraturan dalam sifat koligatif larutan
2. Siswa dapat Menunjukkan rasa ingin tahu tentang perbedaan sifat koligatif larutan elektrolit dan larutan nonelektrolit
3. Siswa dapat Menunjukkan sikap teliti dalam mengamati data hasil pengamatan
4. Siswa dapat Menunjukkan perilaku kerjasama saat melakukan percobaan.
5. Siswa dapat Menjelaskan perbedaan kenaikan titik didih larutan elektrolit dan nonelektrolit pada konsentrasi yang sama
6. Siswa dapat Menjelaskan perbedaan penurunan titik beku larutan elektrolit dan nonelektrolit pada konsentrasi yang sama
7. Siswa dapat Menentukan jumlah ion (n) larutan elektrolit
8. Siswa dapat Menjelaskan hubungan faktor Van’t Hoff dengan jumlah ion (n)
9. Siswa dapat Menjelaskan hubungan faktor Van’t Hoff dengan derajat disosiasi (α)
10. Siswa dapat Menentukan harga i (faktor van’t hoff)
11. Siswa dapat Menjelaskan hubungan antara faktor Van’ Hoff dengan sifat koligatif larutan elektrolit
12. Siswa dapat Mengidentifikasi perbedaan kenaikan titik didih (ΔTb) dan penurunan titik beku (ΔTf) larutan.
13. Siswa dapat Menghubungkan harga i larutan elektrolit kuat dengan penurunan tekanan uap (∆P)
14. Siswa dapat Menghubungkan harga i larutan elektrolit kuat dengan kenaikan titik didih (∆Tb)
15. Siswa dapat Menghubungkan harga i larutan elektrolit kuat dengan penurunan titik beku (∆Tf)
16. Siswa dapat Menghubungkan harga i larutan elektrolit kuat dengan tekanan osmosis (π)
17. Siswa dapat Menghitung sifat koligatif (penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih, penurunan titik beku dan tekanan osmosis) larutan elektrolit dan nonelektrolit pada konsentrasi sama.
18. Siswa dapat Menyimpulkan perbedaan sifat koligatif larutan elektrolit dan nonelektrolit.

Berikut tampilan selengkapnya :



File RPP Kimia Kurikulum 2013 Materi Sifat Koligatif Larutan ini bisa anda download pada link download berikut.


Semoga bermanfaat, boleh di share

Tag : RPP, RPP KIMIA
loading...
0 Komentar untuk "Download RPP Kimia Kurikulum 2013 Materi Sifat Koligatif Larutan"

Berikan tanggapan anda terkait artikel di atas
Dan yang terpenting berkomentarlah yang bijak

Back To Top